Pada tahun 2009/2010 sempat hype mengenai startup dan banyak
sekali startup yang didirikan namun tidak banyak yang bertahan. Salah satu
e-commerce yang masih bertahan dan mampu bersaing dengan perusahaan besar
seperti Lazada ialah juga salah satu startup e-commerce yang
paling muda yang masuk ke dalam jajaran elite yang banyak dikuasai oleh situs
asing.
Saat ini Tokopedia menempati posisi tinggi, persaingan
Lazada dan Tokopedia pun tidak terhindarkan karena menjadi posisi pertama dan kedua
yang paling banyak dicari pada tahun 2017. Hal ini disebabkan peningkatan saham Lazada
dari Alibaba serta promosi dan event besar-besaran, sama halnya dengan Tokopedia,
setelah berdiri selama 8 tahun kini Tokopedia menjadi perusahaan unicorn dan
mendapatkan dana dari Grup Alibaba sebanyak US$ 1,1 miliar.
Persaingan e-commerce di Indonesia cukup ketat, Menurut
riset Google – Temasek , nilai transaksi e-commerce Indonesia pada
tahun ini mencapai US$ 10,9 miliar. dibandingkan 2015 yang mencapai nilai US$
5,5 miliar sekarang melonjak pesat sebesar 41%.
Dan menurut iPrice yang melakukan kunjungan setiap bulan pada
e-commerce dengan data dari Similarweb, pada tahun 2017 bulan Januari sampai
November mendapatkan hasil dari peringkat e-commerce berdasarkan pengunjung per
bulannya.
Dan dari hasil tersebut Tokopedia dan Lazada yang berada di
urutan pertama dan kedua lagi, yang semakin memanas persaingan dari kedua
startup tersebut. hasil yang di dapat
tersebut secara tidak langsung dipegaruhi oleh Jack Ma pendiri Alibaba Group
yang menjadi penasehat e-commerce Indonesia.
Comments
Post a Comment